Sabtu, 31 Desember 2016

Cara Menghemat Baterai Android


Salah satu kelemahan smartphone android adalah daya tahan baterai yang cepat habis atau boros. Hal ini sangatlah wajar karena  spesifikasi smartphone Android yang hampir mendekati fungsi komputer, sehingga membutuhkan daya yang cukup tinggi bagi android. Apalagi android yang dilengkapi aplikasi-aplikasi tambahan yang cukup menguras daya tahan baterai, biasanya aplikasi itu adalah aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, misalnya saya bbm.

Nah Sebelum anda membaca lebih lanjut, tahukah anda apa itu Penyebab Android boros baterai?

Penyebab Adroid Boros Baterai

Android yang boros baterai itu memang pasti ada sebabnya. Untuk mengetahui penyebab baterai android sobat boros, sobat bisa baca sebab di bawah ini.

1. Kecerahan Layar
Memang kecerahan layar dapat menguras daya baterai, karena semakin cerah layar ini maka makin pula banyak daya Baterai yang akan terkuras begitu juga dengan sebaliknya.

2. Terlalu banyak widget
Widget atau pintasan memang memiliki fungsi untuk mempermudah untuk menampilkan berbagai macam hal, tapi kalau terlalu banyak juga berpotensi memenuhi layar dan memboroskan daya.

3. Baterai Yang Panas
Kinerja baterai lebih cepat menurun apabila sering terpapar suhu tinggi, entah saatperangkat sedang dipakai atau tidak. Oleh karena itu, hindari menaruh ponsel di tempat-tempat yang bersuhu panas seperti di atap rumah/genteng di siang hari.Apabila ponsel memanas saat sedang dipakai seperti saat bermain game, sebaiknya istirahatkan sejenak untuk menurunkan suhu.
Selain 3 Penyebab itu masih ada penyebab lainnya, informasi lebih lengkap silahkan Googling.
Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros

1. Matikan Aplikasi yang tidak digunakan
Yups, dengan mematikan Aplikasi yang tidak digunakan memanglah sedikit ampun untuk mengawetkan daya tahan baterai.

2. Matikan HP Saat Mecharge/mengisi ulang
Mematikan android saat ngecas sangatlah ampuh dalam daya tahan Baterai android selain itu cara ini juga dapat mempercepat dalam pengisian Baterai.

3. Aktifkan Mode power saving
Mode Power Seving adalah mode dimana akan mematikan animasi, sinkronisasi di background, dan mengurangi kecerahan layar. dengan mode ini maka akan mengatasi pemborosan baterai.

4. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai
Aplikasi penghemat baterai sangatlah nggak kalah penting, karena dengan aplikasi setidaknya baterai ini anda dapat mengatasi android yang cukup boros.

5. Turunkan Kecerahan Layar
Layar yang begitu cerah memang tidak baik untuk kesehatan mata maupun daya tahan Baterai android. maka dari itu menurunkan kecerahan layar sangatlah penting dilakukan supaya daya tahan baterai android semakin tahan lama.

Itulah cara menghemat daya tahan baterai android, mudah bukan? sekian dulu dan semoga bermanfaat.

Advertiser